Disituasi pandemi seperti saat ini seluruh aspek bisnis terkena
dampak yang cukup signifikan. Sejumlah perusahaan merugi akibat daya
beli masyarakat yang menurun drastis. Kondisi ini diperparah dengan
beberapa unit usaha yang belum memahami pentingnya asuransi, karena
dengan asuransi dapat menimalisir potensi kerugian untuk dapat bertahan
ditengah ketidakpastian seperti terjadinya kebakaran, gempa bumi, banjir
dan sebagainya yang dapat menimpa tanpa diduga-duga.
Benar saja kejadian na’as tersebut terjadi. Pada 17 Agustus 2020 yang
notabene nya adalah hari kemenangan dimana hari tersebut adalah hari
HUT RI ke-75. CV. Restu justru dihari tersebut berduka. Perusahaan yang
bergerak dibidang tembakau didaerah Kupang, Nusa Tenggara Timur ini,
Gudang tempat penyimpanan tembakaunya harus lenyap dilalap si jago
merah. Hal ini disebabkan adanya konsleting arus pendek yang terjadi dan
karena benda yang disimpan relative mudah terbakar menyebabkan api
berkobar dengan massif sehingga tidak ada stok yang dapat diselamatkan.
Hal ini sungguh sangat mengkhawatirkan terlebih disituasi pandemi
seperti saat ini yang makin memperburuk keadaan.
Namun nasib baik masih memihak kepada CV. Restu. Melalui kerjasama
yang dijalin oleh PT Asuransi Tri Pakarta (TRIPA) dengan PT BNI
(Persero), Tbk KC Kupang ternyata CV. Restu merupakan salah satu dari
sekian puluh ribu nasabah TRIPA yang mengasuransikan asset usahanya. PT
Asuransi Tri Pakarta sendiri adalah Perusahaan Asuransi Umum yang telah
berdiri sejak 1978 yang mengartikan bahwa hampir setengah abad TRIPA
telah hadir melindungi dan menjaga Asset para Nasabahnya. Bukan hanya
itu TRIPA memiliki jaringan kantor cabang yang tersebar dibeberapa kota
besar diwilayah Indonesia yaitu sebanyak 17 Kantor Cabang dan 34 Kantor
Perwakilan dengan jumlah pegawai sebanyak 451 Orang, menyediakan
berbagai produk asuransi umum seperti asuransi kebakaran, asuransi
kendaraan bermotor, asuransi gempa bumi, asuransi rekayasa serta produk –
produk asuransi lainnya. Hal ini agar TRIPA lebih mudah dijangkau dan
dekat dalam melayani setiap tertanggungnya. Dukungan Teknologi seperti
menghadirkan aplikasi yang user-friendly berbasis android dan
ios yang diberinama TRIPA Smart untuk menjawab kebutuhan para nasabah
agar dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
Melalui polis Asuransi Kebakaran dengan polis atas nama PT BNI
(Persero) Tbk KC Kupang QQ CV. Restu QQ Thomas Santoso, TRIPA menunaikan
kewajibannya. Penyerahan klaim secara simbolis pada tanggal 12 Juli
2021. dilakukan oleh Ibu Intan Rizky Here selaku Kepala Kantor
Perwakilan Kupang PT Asuransi Tri Pakarta bersama Ibu Riumiris Sitorus
selaku Pemimpin Bidang Pemasaran Bisnis 2 PT Bank Negara Indonesia
(Persero) Tbk KC Kupang dan diberikan langsung kepada Bapak Thomas
Santoso selaku owner CV. Restu. Pembayaran klaim diberikan
dengan total penggantian kerugian yang dibayarkan oleh PT Asuransi Tri
Pakarta kepada tertanggung mencapai Rp 2.178.754.608,00.
Pembayaran klaim ini merupakan bukti nyata di tengah kondisi pandemi
COVID-19 ini, Agung Abadi selaku Direktur Utama menyampaikan TRIPA
berkomitmen dalam memberikan yang terbaik dan di lain sisi juga untuk
mendukung kegiatan bisnis / usaha nasabah sehingga tetap dapat memiliki
kepastian dalam melanjutkan kegiatan usahanya tanpa perlu khawatir
terhadap kerugian meskipun disituasi ekonomi yang memprihatinkan seperti
saat ini karena Bersama TRIPA menjadi Pasti. Pasti dibayar klaimnya.
Pasti aman dan nyaman nasabahnya.